Total Pageviews

Thursday, February 2, 2012

Laporan Praktikum Fisika Ayunan Sederhana



  1. Tujuan :
Menghitung percepatan gravitasi Bumi

  1. Alat dan Bahan :
Ø  Statif
Ø  Benang
Ø  Stopwatch
Ø  Penggaris
Ø  Beban

  1. Langkah Kerja :
1.      Susunlah alat seperti gambar
2.      Ukurlah panjang tali l menggunakan penggaris
3.      Berilah simpangan kecil pada beban dan lepaskan sehingga sistem bergerak harmonik
4.      Hitunglah waktu yang dibutuhkan untuk 10 ayunan (1 ayunan : A-B-C-B-A) dan catatlah kedalam table
5.      Ulangi percobaan 3 dan 4 untuk panjang tali yang berbeda-beda

  1. Dasar Teori :
Gerak harmonik sederhana adalah gerak bolak-balik melalui titik kesetimbangan. Sedangkan gaya pemulih adalah gaya yang besarnya sebanding dengan simpangan dan selalu berlawanan arah dengan arah simpangan (posisi).

  1. Hasil Pengamatan :
Tabel Hasil Pengamatan
No.
l  (m)
n
(jumlah ayunan)
t
(waktu)
T
(periode)
T2
g
1.






2






3.






4.






5.






Gbr. 1.1 Tabel data hasil pengamatan
           
  1. Analisis Data dan Jawaban dari Pertanyaan:
a.      Jawaban dari Pertanyaan
1.      Hitunglah nilai percepatan gravitasi setempat bandingkan dengan nilai g referensi yaitu 9,8 m/s2 !
3.      Dari grafik tentukan hubungan antara T2 dengan l, kemiringan grafik merupakan harga tetapan

4.      Buatlah kesimpulan dari kegiatan diatas!
Jawab:

Ø  Sehingga nilai gravitasi (g) berbanding lurus dengan panjang tali (l) dan berbanding terbalik dengan pangkat dua dari periode (T2). Semakin besar nilai l maka akan semakin besar gravitasi yang dihasilkan, sedangkan semakin besar nilai T2 maka akan semakin kecil gravasi yang dihasilkan. Dengan kata lain nilai gravitasi dalam percobaan diatas memiliki besar yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh panjang tali (l) dan hasil pangkat dua dari periode (T2).
Ø  Sehingga tan α berbanding lurus dengan hasil pangkat dua dari periode (T2) dan berbanding terbalik dengan panjang tali (l). Semakin besar nilai T maka semakin besar  tan α, sedangkan semakin besar nilai l maka semakin kecil tan α.

b.      Analisis Data

Sehingga nilai gravitasi (g) berbanding lurus dengan panjang tali (l) dan berbanding terbalik dengan pangkat dua dari periode (T2). Semakin besar nilai l maka akan semakin besar gravitasi yang dihasilkan, sedangkan semakin besar nilai T2 maka akan semakin kecil gravasi yang dihasilkan. Dengan kata lain nilai gravitasi dalam percobaan diatas memiliki besar yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh panjang tali (l) dan hasil pangkat dua dari periode (T2).
Sehingga tan α berbanding lurus dengan hasil pangkat dua dari periode (T2) dan berbanding terbalik dengan panjang tali (l). Semakin besar nilai T maka semakin besar  tan α, sedangkan semakin besar nilai l maka semakin kecil tan α.

  1. Kesimpulan dan Saran
a.      Kesimpulan

Ø  Sehingga nilai gravitasi (g) berbanding lurus dengan panjang tali (l) dan berbanding terbalik dengan pangkat dua dari periode (T2). Semakin besar nilai l maka akan semakin besar gravitasi yang dihasilkan, sedangkan semakin besar nilai T2 maka akan semakin kecil gravasi yang dihasilkan. Dengan kata lain nilai gravitasi dalam percobaan diatas memiliki besar yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh panjang tali (l) dan hasil pangkat dua dari periode (T2).
Ø  Sehingga tan α berbanding lurus dengan hasil pangkat dua dari periode (T2) dan berbanding terbalik dengan panjang tali (l). Semakin besar nilai T maka semakin besar  tan α, sedangkan semakin besar nilai l maka semakin kecil tan α.

b.      Saran

Ø  Membutuhkan kecermatan dalam menghitung waktu yang dibutuhkan ayunan sederhana dalam melakukan 10 ayunan (A-B-C-B-A).
  1. Daftar Pustaka :
Kanginan, Marthen. 2010. Physics for senior high school. Jakarta: Erlangga.
Purwanto, Budi. 2009. Theory and application of physics for grade XI of senior high school and islamic high school. Solo: Tiga Serangkai.
www.google.co.id


Untuk lebih lengkapnya silahkan dilihat di link berikut:

http://www.scribd.com/doc/83171112

No comments:

Post a Comment