Total Pageviews

Tuesday, March 6, 2012

Charles Coulomb



 Charles de Coulomb


Charles Augustin de Coulomb lahir tahun 1736 adalah seorang ilmuwan Perancis yang diabadikan namanya dalam satuan muatan listrik. Coulomb berasal dari keluarga bangsawan yang berpengaruh sehingga pendidikannya terjamin dan membuatnya menjadi ilmuwan berpengaruh. Ia berbakat dalam bidang matematika dan belajar teknik untuk menjadi Korps Teknik Kerajaan. Setelah bertugas di Martinique selama beberapa tahun, ia kembali ke Paris dan pada tahun 1779 terpilih menjadi anggota Akademi Ilmiah di tahun 1781. Pada waktu Revolusi Perancis pecah, ia terpaksa meninggalkan Paris tinggal di Blois dengan sahabatnya yang juga ilmuwan, Jean-Charles de Broda (1733-1799). Ia meneruskan berbagai percobaannya dan akhirnya diangkat sebagai instruktur pendidikan di tahun 1802. Percobaan awal Coulomb meliputi tekanan yang bisa memecahkan suatu benda (1773) dan ini adalah awal dari ilmu modern tentang kekuatan benda-benda. Karyanya di bidang listrik dan magnet yang membuatnya begitu terkenal, baru diterbitkan dalam serangkaian makalah antara tahun 1785-1789.

Melakukan percobaan dengan magnet kompas, ia langsung melihat bahwa gesekan pada jarum kompas menimbulkan kesalahan. Ia membuat kompas dengan jarum tergantung pada benang lembut. Dan ia menarik kesimpulan; besarnya puntiran pada benang haruslah sama dengan kekuatan yang mengenai jarum dari medan magnetik bumi. Ini mengawali penemuan timbangan punter, untuk menimbang benda-benda yang sangat ringan. Timbangan punter itu membawa Coulomb ke penemuannya yang palin penting. Dengan menunjukkan bahwa kekuatan di antara kedua benda tersebut berbeda-beda jika kedua benda tersebut saling menjauh.

Ia mempelajari akibat gesekan pada mesin-mesin dan menampilkan teori tentang pelumasan. Semua ini, bersama pandangannya tentang magnet, diterbitkan di Teori tentang Mesin Sederhana pada tahun 1779. Dari tahun 1784-1789, saat bekerja di berbagai departemen pemerintah, ia harus meneliti elektrostatika dan magnet. Tahun 1785 ikeluarlah hokum Coulomb; daya tarik dan tolak kelistrikan antara dua benda yang bermuatan listrik adalah perkalian muatannya dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya.

Di Blois, Coulomb meneliti sifat muatan listrik pada benda dan diketemukannya bahwa magnet tersebut hanya ada pada permukaan benda. Didapatkannya pula bahwa daya magnet juga mengikuti hokum kuadrat terbalik pada listrik statis. Beberapa karyanya ditemukan Henry Cavendish tetapi karya Cavendish baru terbit tahun 1789. Penemuan Coulomb inilah yang akan dibuktikan Cavendish dan Simon Poisson. Dan menjadi dasar penelitian elektrodinamika Andre-Marie Ampere. Coulomb meninggal tahun 1806.



Hukum Coulomb
 










No comments:

Post a Comment