Total Pageviews

Monday, March 5, 2012

Thomas Young


 Thomas Young


Thomas lahir di Milverton, Somerset, Inggris pada tanggal 13 Juni 1773. Ia sudah pandai membaca dengan lancar di usia 2 tahun. Pada usia 14 tahun Young sudah menguasai sedikitnya 5 bahasa. Ia masuk universitas pada bidang kedokteran dan mendapat gelar Doktor bidang Fisika dari Universitas Gottingen, London tahun 1798. Tahun 1793 ia berhasil menjelaskan proses akomodasi pada mata manusia. Ia mengatakan bahwa lensa mata berubah bentuknya, sesuai dengan jarak benda yang dilihatnya. 

Tahun 1801 ia menemukan penyebab astigmatisme, yaitu keadaan mata yang menyebabkan benda yang dilihat nampak kabur. Hal ini disebabkan oleh lengkung mata yang tidak normal. Pada tahun itu juga ia menemukan hokum interferensi cahaya. Dengan penemuannya, ia berhasil membuktikan bahwa cahaya adalah gelombang. Selain itu, Young juga beranggapan bahwa suatu zat mempunyai batas ketegangan. Sifat-sifat ketegangan ini disebut modulus Young pada suatu zat.

Tahun 1807, Young menerbitkan buku tentang filsafat alam yang terdiri dari 2 jilid. Buku tersebut berisi 60 materi perkuliahan yang dilengkapi dengan gambar-gambar yang berhubungan dengan hasil-hasil penelitiannya. Young meninggal pada usia yang relative masih muda, yaitu pada tanggal 10 Mei 1829 di London.




 


 



  

No comments:

Post a Comment