Total Pageviews

Sunday, February 26, 2012

Stasiun Kota Tegal

Stasiun Tegal (TG, +4 m dpl) adalah stasiun kereta api yang terletak di Tegal Timur, Tegal, Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Stasiun ini membentang dari utara ke selatan. Ke arah utara, jalur KA akan membelok ke timur menuju ke Semarang. Dahulu, dari Stasiun Tegal terdapat percabangan jalur yang menuju ke Pelabuhan Tegal. Sementara itu, ke arah selatan, setelah membelok ke barat, jalur ini bercabang dua, satu ke Brebes dan satu lagi ke Slawi menuju Purwokerto

Tepat di hadapannya terdapat taman Poci yang bersebelahan dengan Pasar Malam Kota Tegal. Di sebelah barat terdapat jalan menuju alun-alun kota Tegal. Di Kompleks tersebut terdapat Balai Kota Tegal dan juga Masjid Agung Kota Tegal.

Stasiun ini beroperasi di bawah kendali Daerah Operasi IV Semarang.

Sejarah

Stasiun Tegal mulai dibangun pada tahun 1885 sebagai stasiun trem JSM (Java Spoorweg Maatschappij). Pada tahun 1897, Stasiun Tegal dibeli oleh maskapai perkeretaapian SCS (Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij) dan stasiun dilengkapi dengan atap besar yang berbahan kayu yang mengatapi tiga sepur (jalur). Pada tahun 1918, sebagian dari bangunan direnovasi berdasarkan karya arsitek Henri Maclaine Pont (1885-1971) tetapi atap buatan tahun 1897 tidak diubah banyak.

Kereta Api

Stasiun Kota Tegal

 Salah satu jajaran pedagang kaki lima




 Jalan di sebelah selatan Stasiun Kota Tegal








No comments:

Post a Comment